Pameran Pernikahan Tradisional Terbesar dan Terbaik di Indonesia, 1-3 Maret 2013 

Facebook Twitter Google Maps E-mail RSS
magnify
Home Artikel Menghitung Jumlah Porsi Katering Untuk Pesta Pernikahan
formats

Menghitung Jumlah Porsi Katering Untuk Pesta Pernikahan

Published on 15/08/2011

KateringMemang tidak ada ukuran yang pas agar makanan yang disajikan di pesta pernikahan Anda tidak ada kekurangan. Kedua mempelai serta orang tua pastinya ingin agar tamunya bisa menikmati hidangan yang mereka sukai dan dalam porsi yang pas. Tapi yang sering terjadi (kalau tidak mau dibilang pasti terjadi), dana yang dianggarkan tidak sesuai dengan pengeluaran untuk urusan perut yang satu ini. Bilapun dananya ada, perhitungannya ada yang kurang.

Tamu undangan yang datang ke pesta selain ingin memberikan ucapan selamat pada kedua mempelai pasti ingin menikmati hidangan yang disediakan. Resepsi pernikahan terkadang menjadi ajang reuni teman-teman sekolah atau rekan-rekan kerja di tempat yang lama. Orang tua pun pastinya ingin mengundang sanak keluarga yang terkadang jarang bertemu. Ajang pertemuan ini akan terasa lengkap bila tersedia makanan dan minuman dalam jumlah yang tepat.

Ada beberapa cara memperhitungkan porsi makanan yang mendekati kata cukup. Tapi cara ini yang banyak digunakan pengantin yang telah menikah:

- Sesuaikan jumlah undangan dengan dana yang ada

Kalkulasi- Seandainya Anda mengundang 500 undangan, porsi makanan yang harus diperhitungan biasanya dikalikan 2 menjadi 1000 porsi makanan. Meskipun perhitungan kasar ini terkadang meleset karena ada juga tamu yang membawa anggota keluarga lainnya sehingga untuk 1 undangan yang datang misalnya 3 atau 4. Tapi anggap saja 1000 porsi makanan yang harus dipersiapkan.

- Ada beberapa alternatif rasio antara porsi makanan buffet berbanding dengan porsi makanan pondokan/ stall: 65 banding 35, 70 banding 30, atau 80 banding 20.

- Pemilihan rasio perbandingan ini juga ditentukan menu pondokan yang dipilih. Bila menu pondokan yang dipilih itu makanan yang relatif berat  dan mengenyangkan, maka rasio 70: 30 atau 80:20 bisa digunakan. Tapi jika menu pondokannya kebanyakan makanan yang ringan dan kurang ‘nendang’, maka rasio 65:35 bisa digunakan.

- Lalu bagaimana rasio perbandingan ini bekerja? Untuk menu buffet, angka yang digunakan adalah angka 65% (untuk rasio 65:35), 70% dan 80 %. Jika porsi makanan yang dibutuhkan itu 1000 porsi makanan, berarti angka untuk porsi buffet adalah 650 porsi atau 700 porsi atau 800 porsi (tergantung rasio yang digunakan).

- Untuk menentukan porsi makanan untuk menu pondokan, kalikan angka 300 (hasil dari 1000 porsi makanan dikurang 700 makanan buffet dengan rasio 70:30) dengan angka 4 atau 5. Ditemukan hasilnya yaitu 300 x 4 = 1200 porsi menu pondokan. Untuk amannya, memperhitungkan jumlah undangan yang datang melebihi perkiraan, kalikan 300 X 5 = 1500 porsi.

- Kita ambil kesimpulan: untuk 500 undangan ada 1000 porsi makanan yang harus dipenuhi. Dengan rasio 70:30, berarti si empunya hajat harus menyediakan 700 porsi makanan buffet dan 1200 porsi makanan pondokan.

Sumber: www.weddingku.com

 
 Share on Facebook Share on Twitter Share on Reddit Share on LinkedIn
No Comments  comments 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 1 = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2012 - Powered by satuvisipro.com